Penyebab Cat Dinding Menjamur / Muncul Bercak Putih dan Cara Mengatasinya

Mengecat tembok merupakan salah satu kegiatan yang terbilang wajib apabila kamu sangat memperhatikan perpaduan warna di ruanganmu. Mengecat tembok adalah hal yang biasa dilakukan seseorang ketika dia mempunyai ruangan sendiri khususnya kamar tidur.

Tapi kenapa cat tembok malah mengeluarkan bercak putih atau yang biasa disebut jamur? Adanya bercak putih atau jamur timbul disebabkan karena beberapa hal, seperti:

  • Kadar Garam dan Alkali di Tembok Terlalu Tinggi

Biasanya terjadi di bangunan baru. Ketika dilakukan pengecatan, muncullah zat alkali dan garam yang keluar secara perlahan dari dalam tembok.

Cara Mengatasinya:

  • Amplas

Lakukan pengamplasan pada bagian tembok yang timbul bercak putih atau jamur. Namun, sebaiknya lakukan pengamplasan secara menyeluruh agar hasil lebih optimal dan mengurangi resiko terjadinya jamur pada bagian yang tidak kita perhatikan.

  • Wall Sealer

Jika kamu malas untuk melakukan pengamplasan, lakukanlah cara kedua ini. Wall sealer berfungsi untuk menghilangkan kadar zat alkali yang berlebihan pada tembok kita. Umumnya, wall sealer bisa diaplikasikan pada tembok bagian dalam maupun luar. Penggunakan yang optimal adalah dengan melakukan pengamplasan dahulu pada tembok, jadi sebaiknya kamu tetap melakukan pengamplasan dulu sebelum memberi wall sealer pada tembokmu.

  • Pemilihan Cat Tembok Yang Kurang Baik

Bahan yang terkandung dalam cat tentu mempengaruhi kualitas warna dan ketahanan cat itu sendiri. Jadi, jangan asal pilih merk cat.
Jika kamu tidak mengetahui kualitas sebuah cat, cara mengatasinya adalah dengan menanyakan pada penjual atau orang yang bekerja pada toko bangunan.

Sekian informasi tentang Penyebab Cat Dinding Menjamur / Muncul Bercak Putih dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *